Kurang Gizi Buat Remaja Kurang Energi

Kurang Gizi Buat Remaja Kurang Energi

By |2018-10-07T07:33:09+07:00Oktober 7th, 2018|Info Kesehatan|

Kementerian Kesehatan RI menegaskan bahwa seluruh masyarakat perlu memahami pentingnya gizi untuk kesehatan dalam setiap siklus kehidupan tak terkecuali semasa remaja, karena gizi adalah investasi bangsa. Akan tetapi hingga saat ini beberapa masalah kesehatan masih dialami dan mengancam masa depan remaja Indonesia.

Salah satu masalah kesehatan yang masih dialami dan mengancam remaja Indonesia adalah Kurang Energi Kronis atau yang sering kita lihat sebagai remaja dengan bentuk tubuh kurus. Remaja yang kurus atau kurang energi kronis bisa disebabkan karena kurang asupan zat gizi, baik karena alasan ekonomi maupun alasan psikososial seperti misalnya ingin penampilan langsing seperti selebriti idola atau takut gemuk dan tidak percaya diri.

Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, menyatakan bahwa remaja mudah dipengaruhi oleh teman sebaya dan media sosial sehingga rawan terpengaruh oleh perilaku yang tidak sehat, atau mendapatkan informasi kesehatan dan gizi yang tidak benar (hoax). Misalnya, mengikuti pola diet selebritis, mengonsumsi jajanan yang sedang hits namun tidak bergizi, atau kurang beraktifitas fisik karena terlalu sering bermain games sehingga malas gerak (mager).

Rupanya, kondisi remaja KEK meningkatkan risiko berbagai penyakit infeksi dan gangguan hormonal yang berdampak buruk di kesehatan. Padahal KEK sejatinya dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Sumber : Indonesiabaik.id – Siap Bangun Negara, Gemawan Dwi Putra

Leave A Comment

PSC 119 
KARANGASEM

Layanan Cepat Tanggap Darurat Kesehatan.
TELPON 119
close-link
PSC 199