Pengurus Saka Bakti Husada Dilantik Saat Kegiatan Persami

By |2019-09-17T14:08:49+07:00September 17th, 2019|Artikel, Galeri Foto|

Untuk mempercepat pembangunan kesehatan dalam capaian cakupan upaya kesehatan melalui kegiatan kepramukaan, Kepala Kwarcab Kabupaten Karangasem I Gusti Ngurah Kartika, S.Pd. M.Pd melantik pengurus Saka Bakti Husada pada tanggal 31 Agustus 2019 di halaman SMKN 1 Amlapura. Pengurus merupakan pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem serta anggota dari Kwarcab Karangasem.

Satuan Karya Pramuka Bakti Husada disingkat Saka Bakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan diri kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Saka Bakti Husada diresmikan pada tanggal 17 Juli 1985, dengan dilantiknya Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang kemudian dicanangkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada tanggal 12 November 1985 sebagai Hari Kesehatan Nasional di Magelang.

Saka Bakti Husada bertujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkunganya.Kegiatan kesakaan dilaksanakan di gugus depan dan satuan karya Pramuka disesuaikan dengan usia dan kemampuan jasmani dan rohani peserta didik. Kegiatan pendidikan dilaksanakan sedapat-dapatnya dengan praktik berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan peserta didik untuk menerapkan sendiri pengetahuan dan kecakapannya dengan menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan keperluannya.

Sama halnya dengan satuan karya pramukalainnya, Saka Bakti Husada memiliki 6 Krida yaitu :

  1. Krida Bina Lingkungan Sehat
  2. Krida Bina Keluarga Sehat
  3. Krida Penanggulangan Penyakit
  4. Krida Bina Gizi
  5. Krida Bina Obat
  6. Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Selain kegiatan pelantikan pengurus Saka Bakti Husada, kegiatan ini juga disingkronkan dengan kegiatan Persami. Kegiatan ini diikuti oleh 84 siswa siswi dari golongan penegak. Dalam kegiatan ini peserta diberikan materi pengenalan tentang kesakaan serta krida yang terdapat di Saka Bakti Husada, selain itu dalam kegiatan ini peserta diajak untuk melakukan bakti masyarakat di Lingkungan Kelurahan Padang Kerta Kelod. Peserta mengunjungi rumah warga di lingkungan tersebut untuk melakukan survei jentik nyamuk serta survei penerapan GERMAS. Peserta juga memberikan penyuluhan terkait Pemberantasan Sarang Nyamuk, GERMAS hidup sehat serta penggunaan garam beryodium.

Leave A Comment

PSC 119 
KARANGASEM

Layanan Cepat Tanggap Darurat Kesehatan.
TELPON 119
close-link
PSC 199