WHO telah menetapkan covid-19 sebagai pandemi global, dan pemerintah indonesia menetapkan covid-19 sebagai bencana nasional (bencana-non alam).

Untuk mendukung pencegahan covid-19 dibutuhkan promosi kesehatan yang bertujuan memberikan informasi kesehatan terkait covid-19 yang transparan dan berkesinambungan serta yang paling penting adalah menggunakan bahasa sederhana sehingga mudah dipahami oleh masyarakat awam kemudian dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu memutus mata rantai penyebaran virus ini. Saat ini masyarakat telah diebohkan dengan corona virus, asal mula corona virus dari wuhan provinsi hubai republik rakyat cina. Virus corona menyerang sistem pernapasan manusia dan bisa merusak fungsi paru-paru. Corona virus belum ada obatnya dan belum ada anti flunya. Gejala yang ditimbulkan yaitu : bersin, batuk & flu  yg disertai demam di atas 38 0c. infeksi yg lebih parah ditandai dengan kesulitan bernapas hingga kematian.

Virus corona menyebar melalui droplet yaitu percikan cairan saat batuk, bersin, serta berbicara, yang keluar dari mulut orang yang terinfaksi. Droplet secara langsung menempel pada tubuh kita dan masuk kesaluran pernafasan melalui hidung, mulut dan mukosa mata. Droplet juga dapat jatuh/menyentuh benda atau permukaan dengan virus di atasnya pada benda-benda yang ada disekitar kita seperti kursi, meja, pegangan pintu, tangga, tombol liff, tombol mesin atm, uang kertas, hp, kyboard laptop, komputer dan lain-lain. Penyebaran corona virus juga  dapat terjadi melalui kontak pribadi seperti berjabat tangan, berpelukan, cium pipi. Kelompok yang lebih rentan beresiko mengalami kondisi buruk dari paparan virus ini adalah usia lanjut diatas 70 tahun, anak-anak, ibu hamil, dan orang yang memiliki penyakit kronis seperti diabetes, kangker, jantung, paru menahun, paramedis,  dokter dll.

Mengingat penyebaran virus ini sangatlah cepat dan agar kita terhindar dari penularannya maka masyarakat dihimbau untuk melakukan langkah-langkah pencegahan sebagai berikut :

  1. Menjauhi kerumunan/ keramaian
  2. Hindari kontak pribadi seperti bersentuhan dengan orang bersalaman, berpelukan, cium pipi.
  3. Tidak bepergian kalau tidak penting/mendesak/urgent
  4. Sementara kerja, belajar dan ibadah dilakukan dirumah
  5. Sedapat mungkin tunda kegiatan yang melibatkan atau mengundang orang banyak
  6. Jaga jarak dengan orang lain sekurang-kurangnya 1-2 m
  7. Gunakan masker apabila sedang sakit, sedang merawat orang sakit dan sedang bepergian keluar rumah
  8. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer sebelum makan, sebelum menyentuh area wajah, setelah batuk atau bersin, setelah merawat orang sakit, setelah menyentuh benda-benda ditempat umum, setelah menggunakan toilet, setelah membuang sampah dan setelah melakukan kegiatan apapun.
  9. Bila sehabis kegiatan diluar rumah, saat tiba dirumah langsung cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, segera ganti baju, mandi dan keramas.
  10. Lingkungan disekitar kita perlu didesinfeksi, terutama barang-barang yang digunakan banyak orang seperti kursi, meja, pegangan pintu, tangga, tombol liff, tombol mesin atm, uang kertas, hp, kyboard laptop, komputer dll.
  11. Konsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  12. Kensumsi makanan yang bersih, sehat dan bergizi
  13. Istirahat yang cukup /jangan begadang
  14. Stop merokok, hindari minum-minuman beralkohol.
  15. Berjemurlah dibawah sinar matahari selam 30 menit pada jam 08.00-11.00 pagi dan jam 14.00-16.00 sore
  16. Apabila ada anggota keluarga yang sakit atau mengalami kondisi darurat silahkan menghubungi fasilitas kesehatan melalui telepon seluler.
  17. Apabila harus ke fasilitas kesehatan, masyarakat dihimbau untuk datang sendiri atau cukup 1 orang penagantar dan tidak diperkenankan mengikut sertakan anggota keluarga lainnya.

Mari bersama-sama cegah dan memerangi  virus corona ini, dengan ketaatan dan dukungan bersama, kita bisa menghentikan penyebarannya, jika masyarakat disiplin serta taat melaksanakan anjuran pemerintah dan kesehatan, sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali normal seperti semula, sehat dimulai dari diri sendiri, sehat berasal dari tekad dan kemauan yang kuat, pola hidup sehat membuat hidup kita menjadi nikmat. Semoga bisa kita patuhi bersama anjuran Pemerintah untuk kepentingan dan keselamatan bersama.

Penulis : Promkes, Putu Artini