“SALAM SEHAT”
Pelaksanaan peringatan HKN ke-57 merupakan momentum untuk kita bersyukur karena Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menurunkan lonjakan kasus COVID-19 yang disebabkan adanya mutasi virus. Capaian penurunan kasus COVID-19 di Indonesia saat ini sebaiknya tetap membuat kita waspada. Apalagi penyebaran virus Corona dimana memunculkan banyak varian yang tidak bisa diprediksi. Oleh karenanya, dibutuhkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan dan peningkatan kapasitas 3T (testing, tracing, dan treatment) , serta pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Demikian kata pengantar dari narasumber Ketua Panitia HKN ke-57 (dr. I Putu Suagama) bersama Sekretaris Dinas Kesehatan ( I Nengah Widiasari, SKM.M.Kes) dalam acara siaran radio dialog interaktif dengan program “JUMINTAN” Jumat Informasi Kesehatan di Radio Gunung Sari (RGS) (05/11/2021).
Dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap bidang kesehatan, sejak tahun 1964, Indonesia memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November. Tahun ini, dalam rangkaian peringatan HKN ke-57 dan masih pada masa pandemi Covid-19, berbagai kegiatan diselenggarakan untuk memeriahkan momen tahunan ini. Salah satu jenis kegiatannya, yaitu dialog interaktif di RGS Amlapura, dengan Tema : Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku.
Tujuan peringatan HKN ke 57n tahun 2021 yaitu Menjadikan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 sebagai momentum penyatuan tekad dan semangat sehat negeriku tumbuh Indonesiaku untuk memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia, sekaligus sebagai pengingat, edukasi serta menumbuhkan partisipasi masyarakat agar berperan aktif dalam upaya kesehatan, dengan menguatkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protocol kesehatan, meningkatkan target cakupan vaksinasi COVID-19, mengedukasi masyarakat untuk mencegah penyebaran informasi berita hoaks, meningkatkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat bersama bergotong-royong seluruh komponen bangsa Pemerintah Pusat dan Daerah, akademisi, para tokoh, media massa, swasta/dunia usaha, organisasi kemasyarakat, organisasi profesi, praktisis serta masyarakat umum turut ambil bagian dalam peringatan HKN dalam mendukung menyelesaikan pandemi COVID-19, sehingga terwujud masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat serta mau menerapkan gerakan hidup sehat pada masa pandemi COVID-19 di tatanan keluarga, instituasi pendidikan, institusi pelayanan kesehatan, tempat-tempat kerja, tempat- tempat umum dan fasilitas lainnya.
HKN ini sebagai rangkaian apresiasi para tenaga kesehatan yang berjuang semaksimal mungkin dalam upaya pelayanan kesehatan masyarakat terutama dalam era pandemi. ’’Proteksi dini terhadap penyakit lebih baik daripada mengobati. Untuk itu kami berharap melalui rangkaian kegiatan ini kesadaran masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat bias semakin meningkat,’’ pungkasnya. (wsp)

#AksiHKN57
#VaksinasiLindungiNegeri
#DisiplinProkes
#germashidupsehat
#promkesdinkeskarangasem