Strategi Menjaga Kesehatan Mental Selama Bekerja dari Rumah

By |2020-05-22T18:27:57+07:00Mei 7th, 2020|Artikel, Seputar COVID19|

Karena pandemi virus korona, pemerintah dari banyak negara telah merilis kebijakan agar warganya tinggal di rumah. Indonesia, misalnya, telah menginstruksikan warganya untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan berdoa dari rumah. Bagi para pekerja kantor, seperti saya, yang biasanya bekerja di kantor, kebijakan bekerja dari rumah cukup menantang. Selain bekerja dari rumah, kita juga perlu mengajar anak-anak kita karena sekolah mereka libur. Selain itu, ada juga pekerjaan rumah tangga lain yang perlu dilakukan saat kita tinggal di rumah. Sebagai ibu, kita juga perlu menjaga kesehatan keluarga kita dengan menyediakan makanan sehat. Karena itu, kami mencoba yang terbaik untuk memberikan makanan rumahan yang sehat untuk keluarga kami. Terlalu banyak pekerjaan yang sering membuat kita begitu stres sehingga kita bosan tinggal di rumah. Kita harus membebaskan diri kita dari stres karena stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh kita.

Untuk menghindari kebosanan, kita bisa melakukan strategi berikut. Pertama, Mengakui perasaan itu. Pertama-tama, kita harus mengakui perasaan kita. Sangat alami untuk merasa bosan. Tidak apa-apa untuk tidak baik-baik saja. Itu bukan dosa jika kita tidak bahagia adalah normal untuk memiliki perasaan negatif semacam ini selama krisis Covid-19. Tetapi kita harus ingat bahwa kita tidak sendirian. Banyak orang dari seluruh dunia juga mengalami perasaan tidak pasti karena virus korona membahayakan kesehatan kita, mengganggu pekerjaan dan kehidupan sosial kita. Jadi, kita perlu mengendalikan keadaan mental kita. Kita dapat mengakui perasaan kita dengan menulis catatan atau surat kepada seseorang yang kita percayai, atau membiarkannya tanpa nama. Intinya adalah Anda mengekspresikan perasaan Anda secara bebas tanpa takut dihakimi.

Saya sering menerapkan ini; Saya menulis catatan di kertas bekas dengan menggunakan tulisan tangan saya. Saya membiarkan emosi saya mengalir dengan bebas ketika saya menulis catatan. Saya jujur ​​pada diri sendiri bahwa pada saat itu saya tidak baik-baik saja – saya takut; Saya takut akan berita buruk yang menyebabkan Covid 19. Saya panik dan sangat stres. Saya menulis semua emosi itu. Saya membiarkan air mata saya jatuh. Saya tidak menghentikan mereka. Ketika saya selesai menulis, saya kemudian merobek kertas menjadi potongan-potongan. Perlahan, saya merasa lebih baik.

Jika strategi menuliskan perasaan kita tidak berhasil, kita dapat berbicara dengan orang secara langsung. Kita dapat membagikan perasaan kita dengan suami / istri kita, orang tua kita, teman-teman kita. Intinya adalah jangan menyembunyikan perasaan kita. Cukup ungkapkan dengan jujur. Begitu kita mengakui kesusahan kita, kita akan merasa lega. Bahkan, kita akan menemukan energi yang kuat untuk menghadapi situasi saat ini secara positif.

Strategi kedua adalah menerima situasi saat ini. Ketika kita telah mengakui perasaan negatif kita, secara bertahap kita akan mencoba menerima situasi saat ini. Kami menerima bahwa ada tantangan besar yang harus kita taklukkan bersama. Kita harus menerima bahwa sekarang kita hidup dalam situasi yang tidak normal. Kita tidak bisa bertindak seperti yang selalu kita lakukan sebelumnya. Kita tidak bisa keluar rumah dengan bebas seperti dulu. Kita tidak bisa bergaul sebanyak yang kita lakukan sebelumnya. Kita tidak boleh mengabaikan konsumsi makanan sehat dan mengikuti gaya hidup higienis. Situasi telah berubah dan begitu juga kita. Jika kita ingin bertahan hidup, kita harus menyesuaikan diri dengan situasi.

Apakah itu mudah? Tentu saja tidak. Kami banyak berjuang. Tapi, bersabarlah. Semuanya membaik pada akhirnya. Seperti kata orang bijak, “Terimalah apa adanya, lepaskan apa yang ada, dan percayalah pada apa yang akan terjadi”. Ketika kita mulai menerima situasi saat ini, kita akan mulai memperhatikan banyak hal positif yang ada di sekitar kita. Hal-hal ini akan membantu kita tumbuh. Tak ada yang abadi. Ini juga akan berlalu dan kita semakin kuat.

Yang ketiga adalah mengatur jadwal. Setelah menerima situasi saat ini, sekarang kita siap menghadapi kenyataan. Kami telah menerima bahwa karena Covid 19, kami harus bekerja dari rumah, membantu anak-anak kami untuk belajar di rumah, dan sebagainya. Sebagai ibu yang bekerja, kondisi ini bisa membuat kita merasa sangat stres. Semua hal dilakukan sendiri. Kami akan merasa sangat lelah dan kewalahan. Untuk menghindari hal ini, kita perlu membuat jadwal kerja dan membuat perjanjian dengan semua anggota keluarga. Kami berbicara dengan pasangan kami dan anak-anak kami tentang situasi ini dan memberi tahu mereka bahwa kami harus menghadapi situasi ini bersama. Kami menawarkan jadwal untuk diikuti pada hari kerja dan akhir pekan. Selain itu, kita juga perlu membahas jadwal kerja dan jam kerja dengan rekan kerja dan rekan kerja kita sehingga kita tetap memiliki koordinasi yang baik satu sama lain.

Strategi keempat adalah mengatur ruang. Setelah menyetujui jadwal kerja, kita kemudian harus membuat ruang atau batas. Ketika waktu kerja telah tiba, kita harus tetap pada jadwal. Kita dapat berbicara dengan anak-anak kita bahwa inilah saatnya bagi kita untuk bekerja. Sementara kita bekerja, kita harus memberi anak-anak kita kegiatan yang menyenangkan dan aman. Anak-anak dapat menggambar, mewarnai, bermain Lego, dan membaca buku favorit mereka, atau bahkan mengerjakan tugas dari sekolah mereka sendiri. Kita juga harus berkomunikasi dengan pasangan kita. Misalnya, ketika kita memiliki bayi atau balita, kita bergiliran untuk merawat bayi kita.

Jika memungkinkan, kita juga perlu membuat “ruang kantor” di rumah kita. Kita bisa menggunakan kamar atau ruang di rumah kita sebagai “kantor” kita. Ketika waktu untuk bekerja tiba, kita dapat bekerja di kantor itu. Terkadang, kita juga perlu berkomunikasi dengan anggota keluarga untuk tidak mengganggu kita saat kita bekerja di kantor kita. Ini untuk membantu kita fokus melakukan pekerjaan kantor kita.

Strategi kelima adalah menetapkan prioritas. Ini sangat penting untuk dilakukan dalam situasi saat ini. Kita semua tahu bahwa kita sedang menghadapi situasi abnormal, yang terkadang membatasi pergerakan dan kemajuan kita. Kondisi ini dapat menurunkan pendapatan kita, dapat menurunkan kinerja kita, dapat menurunkan target kita. Katakanlah, dalam situasi normal sebelum Covid 19 muncul, kita dapat bekerja 8 jam sehari. Bahkan kita bisa bekerja siang dan malam. Kami dapat mengambil banyak peluang dan dapat mencapai ambisi besar kami. Tapi, Covid 19 kemudian memperlambat langkah kita. Dalam situasi ini, kita tidak dapat mendorong diri kita sendiri untuk mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya. Kita harus menurunkan target dan menempatkan kesehatan fisik dan mental kita sebagai prioritas utama.

Strategi keenam adalah memberi hadiah kepada diri kita sendiri. Ini juga hal penting yang harus dilakukan. Sangat sering, kita lupa menghargai diri sendiri. Ingatlah bahwa kami telah melakukan banyak hal besar untuk mengatasi situasi seperti itu. Adalah hak kami untuk memberi kami penghargaan atas upaya yang telah kami lakukan. Hadiahnya dapat meningkatkan mood dan energi kita. Inilah hal-hal yang harus kita pertahankan saat ini.

Pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa memberikan hadiah kepada diri kita sendiri? Ya, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Anda dapat melakukan beberapa olahraga yang Anda sukai, seperti jogging, melakukan yoga, Zumba, dan pilates. Anda dapat mengunduh video dari YouTube dan melakukan latihan di rumah. Anda dapat berlatih meditasi, mempelajari hal-hal baru seperti mendaftar di aplikasi untuk memasak atau blog, menonton film favorit Anda, mendengarkan lagu favorit Anda atau podcast, dan sebagainya. Temukan hal-hal yang membuat jiwa Anda bahagia karena kami tidak dapat melayani dari kapal kosong.

Yang terakhir adalah menulis jurnal terima kasih. Dalam situasi ini, mengisi hari-hari kita dengan saat-saat bersyukur adalah suatu keharusan. Kami menghadapi ketidakpastian. Setiap hari kami membaca dan menonton berita kematian yang disebabkan oleh Covid 19. Virus ini telah membuat kami menyadari bahwa tidak peduli siapa Anda, Anda dapat terinfeksi oleh virus korona. Itu juga menunjukkan kepada kita bahwa hidup ini begitu singkat. Kita diajarkan bagaimana menghargai hidup kita. Selama karantina ini, kita akan lebih dekat dengan keluarga kita. Kita dapat memeluk dan mencium lebih sering daripada sebelumnya karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita di masa depan.

Dalam hal menulis jurnal rasa terima kasih, kita dapat membuat daftar hal-hal positif atau momen indah yang kita miliki setiap hari. Kita dapat menulis di buku harian kita atau aplikasi terima kasih. Ada banyak aplikasi jurnal ucapan terima kasih yang dapat diunduh secara bebas di play store. Saya menggunakan rasa terima kasih dan 365 terima kasih. Kedua aplikasi ini mudah digunakan. Kita dapat menulis dua kali sehari, di pagi hari sebelum kita memulai hari-hari kita dan di malam hari sebelum kita tidur. Dengan berlatih menulis terima kasih, kita belajar untuk menghargai setiap momen kecil dalam hidup kita. Ini akan membuat kita bahagia dan menjaga diri kita tetap waras.

Itulah strategi, yang dapat saya bagikan untuk menghindari kebosanan ketika kami bekerja dari rumah selama Covid 19. Kami tidak melakukannya ketika situasi ini akan berakhir, tetapi kami harus mempertahankan energi positif kami untuk mengatasi tantangan ini dengan tetap produktif saat di rumah dan tetap sehat dan diberkati.

Penulis : Ni Nyoman Sriani, S.Kep

Leave A Comment